Gue nulis ini sepulang dari acara ulang tahun temen. Faktanya, gue nulis dengan tubuh yang terbaring lemah, kondisi badan gue anget, kepala puyeng dan ujung kaki gue dingin di temenin
lagunya Fiersa Besari judulnya ‘Rumah’. .
Postingan gue beberapa bulan lalu sengaja gue delete, karena gue sedang ingin memulai
konten yang baru. Honestly, gue ingin
menulis tentang ini sejak lama karena ada beberapa temen-temen gue yang banyak
bertanya dan percaya engga percaya gitu gue ngelakuin ini. As you can see, gue nulis ini akhirnya. Gue bukan selebgram, jadi
sebenarnya engga ada netizen penghuni instagram gue mohon-mohon supaya gue nulis artikel gini. Tapi di dunia nyata, temen-temen kuliah, temen SMA apalagi temen-temen SMP yang tau banget dulu kayak gimana banyak bertanya hal kayak gini dan percaya engga percaya dengan cerita gue.
‘Dis
kemana aja sih? Lo kuliah atau kerja? Dimana?’
‘Dis, lo kuliah sambil kerja?
Gue kira lo kuliah doang atau lo kerja doang.’
‘Lo kan kuliah sambil kerja,
kok masih bisa ikutan UKM kampus juga? Engga capek apa? Waktu lo gimana?’
‘Duit lo? Lo bener-bener
biayain kuliah lo sendiri dari awal masuk? Tapi lo masih bisa makan di luar
tiap hari? Gaji lo gede, pasti.’
‘Lo kan udah kerja dis, gue tau
lo pemimpi, gue tau rencana lo sebelum lulus SMK lo mau ngapain. Kenapa
tiba-tiba jadi anak kuliahan gini?’
Honestly,
sebenernya gue antara males dan
engga males sih kalo udah ditanya tentang kerjaan sama kuliah. Malesnya karena
‘Siapa gue harus ngejelasin?’ dan ‘Buat apa gue ngejelasin?’ karena engga akan
semua orang percaya sama apa yang gue omongin. Apalagi akhir-akhir ini gue lagi
sering di underestimate sama orang. Contohnya..,
‘Ah iyalah lu pan kerjanya di
tempat sodara, engga akan ngerasain capek, dateng bisa seenaknya gaji tetep
lancar sebutan kerja cuma formalitas doang.’
Gue seumur-umur engga pernah di nyinyirin orang, dan
ketika masuk kampus ada satu orang yang dia literally
engga deket sama gue, tapi dia mengambil kesimpulan seolah-olah dia tau hidup
gue ‘banget.’. Gue terharu deh, akhirnya gue punya hatter. Untungnya gue punya banyak temen, dan untungnya engga
banyak orang yang terdoktrin sama dia. Selama gue hidup ketika mendengar
omongan yang engga enak di denger telinga sebenernya gue engga pernah peduli, gue emang dasarnya cuek, tapi kalo makin sering dan makin engga bisa di jaga
omongannya, yaa gue juga males, kan gue juga manusia. Semua omongan itu bisa membuat
gue jadi berpikiran buruk terhadap diri gue sendiri. Dan itu bahaya, kalo udah kayak gitu rasanya gue
pengen banget ngomong di depan dia. ‘Coba deh lo bayarin semesteran gue, lo
bayarin biaya gue nongkrong bareng temen dan segala macamnya tapi pake keringat
lu.’ Cuma gue tau kalo gue gitu berarti gue bodoh. Akhirnya gue lebih memilih
diem lagi, meskipun temen-temen yang udah kenal gue selalu nyuruh gue buat ngelawan,
at least buat dia nutup mulutnya.
Tapi gue adalah orang yang teguh pada prinsip gue. Ketika gue punya masalah
dengan seseorang, gue akan memilih untuk ngomong secara to the point ke orangnya, itu pun kalo menurut gue lawan ngomong
gue adalah orang yang bisa nerima kritik. Kenapa? Karena kalo lawan bicara gue
adalah orang childish dan ga nerima kritik gue rasa ketika gue ngomong sampe
berbusa pun percuma karena akhirnya perdebatan akan makin memanas. Toh gue
selalu tau kapan gue harus marah dan kapan gue harus sabar.
Oke, back to the
topic , gue engga mau ngebahas orang yang engga suka sama gue di sini. Dan
gue explain apapun disini bukan
karena gue ingin membela diri gue sendiri. Tapi gue hanya ingin bergbagi aja.
Dan gue berharap siapapun yang baca tulisan gue, pikirannya bisa kebuka bahwa
orang tersenyum dan bisa ketawa lebar bukan karena hidupnya lancar-lancar aja.
Kita cuma engga begitu mengenal dia, kita cuma terlalu lantang menebak
kehidupan dia, dan kadang seseorang cukup pintar memainkan perannya. Gue
berharap kita sama-sama belajar buat ngerubah mindset, buat engga underestimate,
dan bisa saling menghargai usaha seseorang tanpa liat latar belakangnya.
Pertama, gue ingin memberi tahu sedikit background tentang diri gue itu seperti apa. Gue adalah anak
pertama dari dua bersaudara. Kalo di ceritain dari awal mah gue ga sanggup,
karena hidup gue setelah nyokap engga ada, bener-bener struggling parah. Bukan dalam segi finansial tapi
psikologi gue. Dan gue udah gamau ngebuka luka lama gue. Intinya gue adalah
anak yg taat di rumah pun di sekolah, dan gue badung di
luar. Gue taat bukan karena gue bener-bener taat tapi karena gue takut. Itu pun
bukan karena bokap atau nyokap tiri gue, tapi karena om dan tante gue yang lebih over protective dari
orang tua gue. Pola asuh yang di berikan ke
anaknya, juga dia terapkan ke gue. Padahal setiap anak punya karakter yang
berbeda. Anak tante gue emang penurut abis, sementara gue pemberontak aturan. Dan gue bersyukur, gue masih bisa bertahan buat tetep jadi diri gue sendiri.
Gue adalah anak yang berkemauan keras, kalo gue mau A ya gue akan berusaha
untuk dapetin itu, gimanapun caranya. Gue rela ngelawan gengsi gue demi dapetin
apa yang gue mau. Kecuali urusan cinta. LOL.
Karena dunia perkuliahan kurang begitu pandai menarik perhatian gue, gue enjoy aja meskipun jadi pengangguran. Hidup gue setahun itu,
gue pake buat coret-coret, bongkar gudang nyari barang yang sekiranya bisa
gue otak-atik, gue baca buku, nulis,
nonton tv, tidur, makan, dan setahun itu gue menolak ajakan temen-temen gue
buat maen. Lima bulan gue engga pegang hp. Karena males. Gue literally
hidup sama diri gue, cat air , toko buku dan kamar. Karena gue ga tinggal bareng bokap, tiap
tiga hari sekali di pagi buta bokap gue
ngomel. ‘Kamu keluar dong. Lari
pagi kek. Ketemu temen kek. Ngapain kek. Jangan diem terus di kamar.’ Tapi gue tetep gamau. Entah setan apa yang mengambil alih pikiran gue, gue yang ga pernah betah diem di rumah tiba-tiba gue merasa dengan gue pergi
keluar buat hahahihi bareng temen di cafe hanya akan membuang waktu dan duit
gue. Gue merasa makin tau waktu. I mean, gue ga akan keluar dari rumah selama gue merasa gue belum butuh waktu buat nongkrong di luar.
Singkat cerita, gue mulai memasuki fase ‘JENUH.’ Tapi mau daftar kuliah
juga udah engga bisa, gue ngehubungin semua om gue minta bantuan untuk cari
kerjaan buat gue tanpa sepengetahuan bokap. Tawaran kerjaan pun banyak
pilihannya, asisten dokter, asisten apoteker di salah satu rumah sakit swasta,
dan kerja di restoran yang kebetulan punya om gue. Tapi, semua gue tolak karena
semuanya di luar kota. Dan posisi kerjaannya pun engga ada yang menarik.
Berbulan-bulan gue menunggu keajaiban biar bisa kerja, tapi karena belum
waktunya ya gue tetep aja nganggur. Saking jenuh dan udah depresi, gue berantem
sama papa. Gue menuntut hak gue sebagi anak, gue mempertanyakan kenapa gue
engga boleh kuiah diluar kota? Kenapa gue engga boleh kerja? Gue di kekang tapi
gue di acuhkan. Ya, dan karena papa partner debat terbaik selama gue hidup,
jadi sekuat apapun argumen yang gue lontarkan tetep aja papa yang bakal menang.
Sampai akhirnya gue dapet kabar gembira. Anak dari sodara gue mau buka
distro, dia minta tante gue buat bantu cariin pegawai. Hari itu gue langsung
ngomong ke tante kalo gue mau kerja disana. Tante gue cuma ketawa, mungkin
karena dia engga yakin kalo gue bisa beneran kerja. Gue tau atas dasar apa
tante gue bisa mikir kesana, mungkin tante nilai gue dari jaman gue masih
sekolah yang sekolah aja tuh engga bener, gimana mau kerja? Apalagi tante tau,
gue punya sifat gengsi kayak bokap. Tapi karena gue udah jenuh dan gue orangnya
cukup ambisius, gue bakal abis-abisan ngejar apa yang gue mau, akhirnya gue
berhasil ngeyakinin tante gue. Dan gue akhirnya bisa kerja disana. Gue liat respon bokap gue cuma diem, dan dia udah tau kalo gue engga akan ngikutin omongan dia.
Tiga bulan gue kerja di distro, rasanya gue mau mati aja Tuhan. Kenapa?
Karena semuanya gue kerjain sendiri dan gue merasa engga nyaman. Pertama perbandingan usia gue sama
karyawan lain itu cukup jauh, beda tiga sampai empat tahun makanya gue sulit
beradaptasi. Kedua, gue pusing karena mereka semua lulusan S1. Bukan, bukan
karena gue minder dan pusing adu argumen karena ilmu gue engga sampe sana.
Justru gue heran, mereka kan S1, harusnya mereka bisa bekerja dengan baik dan
benar. I mean, mereka harusnya tau
bagaimana etos kerja, gimana team work,
dan gimana time management.
Dari awal sebenernya gue emang berusaha untuk tidak terlihat layakya
sodara dari owner karena gue engga mau terkesan ‘Mentang-mentang sodara jadi
seenaknya.’ Makanya gue ikutin aja semua prosedurnya, bahkan gue ikut interview bareng HRD, padahal tante gue
udah bilang engga usah. Tapi akhirnya ketahuan juga kalo gue emang ada hubungan
darah sama yang punya, dan dugaan gue bener. Gue telat lima menit karena macet
atau hujan, gue di bilang “Niat kerja engga sih? Sodaranya sih, jadi enak.”
Giliran mereka telat dua sampai tiga jam, gue engga pernah ngomel atau
ngelaporin itu ke sodara gue. What the
hell? Gue, kalo orang yang ngomong gitu adalah sodara gue which is dia bos disana gue ikhlas dan
ga masalah, tapi ini siapa? Dia bukan manager tapi bertingkah layaknya stranger. Untuk kesekian kalinya gue
memilih diam. Mereka tidur di jam
kerja, meraka korupsi uang diskon, gue engga pernah ngomong. Meskipun diem-diem
sodara gue selalu nanya, gimana kondisi karyawan di distro, gue berusaha
menutupi semuanya. Bukan karena gue menutupi keburukan, tapi karena gue mikir
setiap orang berhak mendapat kesempatan kedua, siapa tau nanti berubah.
Meskipun gue tertekan, gue berusaha untuk terus bertahan disana. Karena
gue yakin, ada pelajaran yang ingin Tuhan kasih ke gue. Saat itu gue masih
engga kepikiran kuliah, dan gue ngerasa makin engga butuh kuliah. Gue yang
emang dasarnya engga percaya sama orang bisa sukses karena mereka kuliah dan
mendapat gelar, jadi makin yakin kalo itu semua emang ga ada. Nyatanya, gue di
kelilingi oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi tapi gue tidak mendapat impact positif apapun dari mereka. Gue
jadi punya line tersendiri di hidup gue bahwa orang yang berpendidikan belum
tentu berilmu dan orang yang berilmu ga selalu telahir dari dunia yang berpendidikan
tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar